Sebelum Ada Smartphone, Dulu Benda Ini Miliki Fungsi Penting

Jabungonline.com - Zaman sekarang semua hal terasa begitu mudah, sebab segalanya bisa dilakukan dalam satu kali sentuhan melalui smartphone. Memang segala kecanggihan teknologi saat ini sangat mempersingkat waktu dan memudahkan pekerjaan manusia. Akan tetapi kemudahan ini kadang kala membuat seseorang menjadi enggan untuk menulis lagi secara manual atau mengingat hal-hal yang seharusnya penting.

Sebelum terdapat smartphone, dulu orang-orang menggunakan tulisan tangan dan juga melakukan berbagai macam hal secara manual. Agak merepotkan memang tapi hal tersebut berpengaruh baik bagi memori lho! Lalu benda-benda apa saja sih yang dulu hits sebelum smartphone menyerang? Kamu pasti kangen deh!

© buzzfeed.com

Buku Telepon

Sebelum ada smartphone yang memudahkan siapapun menyimpan nomor dalam sekali sentuhan, dulu orang-orang lebih suka mencatat di sebuah buku telepon. Bahkan dulu ada Yellow Pages yang memudahkan seseorang mencari nomor siapapun dalam satu kota. Hebat kan?

© buzzfeed.com

Saat ini menonton film, mendengarkan musik, mengunduh lagu, atau menyalin lagu dapat dilakukan dalam satu perangkat saja. Berbeda dengan zaman dulu. Meski terlihat besar dan tidak portabel, buktinya discman pernah menjadi barang hits anak muda kekinian tahun 90-an lho!

© buzzfeed.com

Saat ini jarang sekali seseorang memiliki perangkat tape di rumah. Oleh sebab itu kaset jadi semakin jarang ditemui di pasaran. Padahal benda ini sebetulnya memorable banget lho. Yang tahu pasangan benda ini adalah pensil atau pulpen pasti saat ini sudah tua, hayo ngaku!

© buzzfeed.com

Untuk mencari jawaban atas sesuatu, saat ini tak perlu pergi ke perpustakaan atau membaca buku setebal ini. Cukup ketikkan keyword di search engine dan tara! Jawabannya sudah ditemukan. Namun buku ensiklopedia tebal semacam ini sebetulnya masih sangat berguna hingga akhir hayat nanti lho KLovers!

© buzzfeed.com

Saat ini mungkin game portabel paling digemari memiliki resolusi layar paling yahud. Atau bisa juga game dimainkan di smartphone masing-masing. Tapi bagi anak-anak zaman dulu, game bot adalah game paling canggih dan keren. Gak percaya?

© buzzfeed.com

Saat ini mendengarkan musik jadi lebih mudah karena dapat mengunduh atau sekedar streaming. Namun sensasi mendengarkan streaming dibandingkan mengoleksi CD tentulah berbeda. Kayak ada manis-manisnya gitu.

© buzzfeed.com

Dan yang terakhir, sebelum diciptakan smartphone siapapun yang membawa kamus elektronik ke sekolah pasti dianggap paling keren. Namun sekarang tak lagi karena kamus sudah dapat diakses dengan mudah di smartphone.

No comments

Powered by Blogger.