Waw Lampung Masuk Jaringan Prostitusi Internasional

Selamat Sore sahabat pembaca JO, pada kesempatan kali ini JO akan membagikan berita mengenai :
Lampung Masuk Jaringan Prostitusi Internasional

Ilustrasi. Beberapa PSK diangkut menuju penampungan Dinas Sosial dengan truk Satpol PP usai terjaring razia. (ANTARA FOTO/Joko Sulistyo)

Bandar Lampung -- PROVINSI Lampung menjadi salah satu provinsi yang terlibat dalam jaringan sindikat prostitusi anak di Indonesia berkaliber internasional. Selain Lampung, ada beberapa daerah yang terlibat, seperti jaringan Jakarta, Batam, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Pontianak, Denpasar, NTT, NTB, Manado, dan Bandung.

Hal itu diungkapkan aktivis perlindungan anak, Arist Merdeka Sirait, menanggapi prostitusi daring yang melibatkan anak dan berhasil diungkap Bareskrim Mabes Polri di Bogor, kemarin. Menurut dia, jaringan Bogor merupakan bagian dari jaringan internasional. 

"Yang terjadi di Bogor melibatkan jaringan Kuningan dan Cirebon. Ini bagian jaringan internasional yang sangat sistematis," kata Arist, dalam dialog Polri dengan tema Menguak tabir prostitusi online anak di Jakarta, Kamis(15/9).

Arist mengatakan pada 2007 prostitusi daring sudah mulai masuk ke Indonesia. Menurut dia, jaringan prostitusi daring ini bekerja secara sistematis dengan beberapa tahap, yaitu mulai dari menyelidiki anak lalu mencoba memikat, terutama anak yang dalam kondisi bermasalah, baik masalah keluarga maupun lainnya.

Arist melanjutkan tahap selanjutnya adalah mendapatkan kepercayaan dari apa yang diinginkan, misalnya karena gaya hidup atau secara langsung melakukan pelecehan seksual setelah itu dijual. Dia juga menyebutkan para predator seksual daring adalah orang-orang yang melakukan kekerasan seksual lewat internet. 

Menurut Arist, awalnya para predator anak ini melakukan komunikasi lewat berbagai jaringan media sosial. "Prostitusi online ini betul-betul harus dibongkar. Jadi, fokus Komnas Perlindungan Anak sekarang adalah memutuskan mata rantai, yaitu dengan membongkar jaringan prostitusi online yang rapi," ujar dia.

Deikian Sahabat JO Berita yang berhasil kami kutip dari berbagai media online, mudah-mudahan bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.