Gila! Di Bulan Cina akan Menambang Helium

CINA berencana membuat tambang untuk mendapatkan helium langka di bulan.

CINA berencana membuat tambang untuk mendapatkan helium langka di bulan. Bulan ditetapkan sebagai sumber potensial Helium – 3, isotop langka yang dapat merevolusi produksi energi nuklir.

Strain helium (helium – 3) jauh berbeda dengan helium yang melimpah ruah di bumi (helium – 4). Inti helium – 3 berisi dua proton dan satu neuron. Rencana Cina ini, menerima banyak perhatian karena potensi utama untuk menghasilkan fusi nuklir bersih.

Kelangkaan helium-3 ini membuatnya sangat berharga. isotop biasanya dijual seharga $ 1.000 per gram atau $ 1 miliar per metrik ton. Sebagai perbandingan, nilai platinum adalah sekitar $ 39.700.000 per metrik ton. Meskipun langka di Bumi, diperkirakan bulan mengandung sebanyak 1-5000000 ton helium -3. medan magnet planet kita mengalihkan Helium-3, tetapi tidak ada kutub magnet seperti di bulan, yang memungkinkan sejumlah besar isotop disimpan di permukaan bulan.

Namun, ada beberapa kendala yang cukup besar. Pertama dan terpenting, Cina bahkan tidak memiliki kewenangan untuk menambang di bulan. Selain itu, penggalian semua Helium ini memerlukan ekstraksi raksasa proses-ratusan juta ton tanah bulan hanya untuk memproduksi satu ton Helium-3.

Namun meskipun kontradiktif, Cina memiliki misi yang direncanakan untuk mendarat di bulan, mengumpulkan sampel tanah, dan kembali ke Bumi pada 2017.

Media pemerintah China melaporkan bahwa modul layanan tes pengorbit bulan telah berhasil mulai mengorbit di Bulan, dan Chang’e 5, pesawat ruang angkasanya melakukan soft landing di permukaan Bulan, di mana ia akan mengumpulkan empat pon batu dan sampel tanah sebelum pulang, demikian menurut Cina Topix. [rf]

No comments

Powered by Blogger.