FORUM SILATURAHMI PEMUDA (FSP) DESA JOJOG


Lampung Timur, 7 Mei 2016 - Kali ini kita berada di salah satu desa di kecamatan pekalongan kabupaten Lampung Timur, ya tepatnya di Desa JOJOG, mungkin bagi sebagaian orang nama desa ini terdengar mengelitik, asing dan jarang di dengar, namun kita bukan membahas nama desa Jojog, melainkan FORUM SILATURAHMI PEMUDA atau yang sering disingkat FSP desa Jojog.

Forum Silaturahmi Pemuda Desa Jojog terbentuk dari perkumpulan pemuda setempat yang sadar akan pentingnya pengembangan potensi diri, desa serta lingkungan ditempat mereka tinggal. Forum silaturahmi ini bergerak dalam berbagai bidang, diantara bidang pendidikan, sosial, pengelolaan limbah rumah tangga.

Dalam bidang pendidikan para pemuda yang tergabung dalam FSP    terutama tamatan Sarjana Pendidikan membuka berbagai privat bagi anak usia SD dan SMP, dalam bidang Sosial FSP sering melakukan Bakti Sosial dilingkungan Desa berupa memberi santunan bagi warga yang kurang mampu, kemudian dibidang Pengelolaan Limbah Rumah Tangga FSP membuat Bank Sampah disini setiap warga Desa bisa menyetorkan sampah kususnya non organik yang memiliki nilai kormesil yang bisa dijadikan salah satu pendapatan samping bagi warga desa, karena setiap limbah rumah tangga yang disetor dan memiliki nilai ekonomis akan dibeli dengan harga yg sesuai oleh Bank Sampahnya FSP. Selain itu FSP juga memiliki kerajinan dengan bahan dasar limbah ban bekas berupa tas slempang yang oke punya.

Forum silaturahmi Pemuda desa jojog di punggawai oleh Herman Susanto, S.T sebagai Ketua, Wakil, Edi Saroso, A.Md. Skretaris, Nida Barokah, S.Pd.I. Bendahara, Eko Pramono, Humas, Dede Karseto, dan masih pemuda yang masuk dalam struktur tegas Febri Kurniawan yang menjabat sebagai Kabid kewirausahaan di FSP.

Namun diluar keberhasilan yang telah FSP raih masih perlu dukungan dari warga Desa Jojog, Pemerintah Desa dan tentunya Pemerintah Kabupaten Lampung timur, karena FSP adalah kumpulan pemuda yang berprestasi, sadar akan lingkungan, sadar akan pentingnya peran pemuda dalam pembangunan desa, untuk menjadi lebih baik dan maju, serta menjadi contoh untuk desa lain, dikenal khususnya kabupaten Lampung Timur dan Propinsi Lampung pada umumnya. [Lufi Ariyanto/Jabung Online]

1 comment

Unknown said...

Terus berkarya, bermanfaat, peduli dan membamgun generasi yang islami

Powered by Blogger.