Wisata Danau Beringin Indah di Lampung Timur yang Belum Terkelola Maksimal

Wisata Danau Beringin Indah di Lampung Timur yang Belum Terkelola Maksimal

SUKADANA - Danau Beringin Indah di Kecamatan Sukadana, merupakan objek wisata Kabupaten Lampung Timur yang selama ini belum dikembangkan secara maksimal. Dinas Pariwisata khususnya Kepala Bidang (Kabid) Objek Wisata, menjelaskan beberapa faktor penghambat.

Antara lain, terbatasnya anggaran untuk perawatan dan faktor keamanan yang belum terjamin, sehingga wisatawan masih enggan berkunjung di Danau Beringin.

Padahal, ada beberapa potensi yang bisa ditawarkan di objek wisata Danau Beringin. Seperti, sarana olahraga perahu dayung, memancing, dan termasuk usaha kerambak ikan air tawar yang bisa bernilai ekonomi. Menyadari potensi yang belum maksimal dikembangkan itu, Bupati Chusnunia Chalim menjelaskan, berusaha menjadikan Danau Beringin sebagai salah satu destinasi pariwisata. Untuk itu, perlu dukungan semua pihak. "Terutama masyarakat sekitar dan aparat kepolisian karena jika banyak pengunjung, punya efek ekonomi,' kata Bupati ketika mengunjungi Danau Beringin, beberapa waktu lalu.

Selain itu juga, jelas dia, membuka lapangan kerja baru seperti pedagang makanan, aksesoris dan cinderamata. Bupati perempuan yang berasal dari PKB itu menjelaskan, aksesoris atau cinderamata berupa gantungan kunci berbentuk gajah perak, justru sangat terkenal di Thailand. "Lampung Timur sebagai area pemilik Gajah Sumatera, seharunya bisa mencontoh itu," kata dia.

Akan tetapi, lanjutnya, semua itu sulit terwujud jika faktor keamanan, kenyamanan wisatawan masih jadi problem utama. "Maka saya mengimbau, warga Lamtim khususnya Sukadana, ayo bahu membahu meningkatkan semua potensi pembangunan daerah yang bisa berdampak untuk kesejahteraan masyarakat," kata dia. (red)

No comments

Powered by Blogger.