Facebook Ujicoba Kecerdasan Buatan untuk Membantu Tuna Netra Melihat Foto

FACEBOOK mulai menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk membantu orang tuna netra menikmati foto pada postingan di jaringan sosial mereka, lansir World Bulletin, Selasa (5/4/2016).

Facebook memperkenalkan teknologi pembelajaran mesin yang dilatih untuk mengenali obyek dalam gambar dan kemudian mendeskripsikan foto tersebut.

Facebook membuat pengalaman semakin visual, kami berharap teknologi teks yang baru kita secara otomatis menjadi
alternatif untuk membantu pengalaman orang tuna netra menikmati facebook seperti orang lain,” kata Matt King, spesialis aksesibilitas facebook.

Fitur ini sedang diuji pada perangkat mobile yang didukung oleh perangkat lunak Apple iOS, dan yang memiliki readers yang bisa diatur ke dalam bahasa Inggris.

Teknologi ini bekerja pada aplikasi facebook yang didasarkan pada jaringan saraf.

Lebih dari dua miliar gambar dibagi setiap hari di seluruh Facebook, Instagram, Messenger dan WhatsApp.

Teknologi Facebook ini memulai penelitiannya kurang dari seminggu, setelah Microsoft tertarik untuk mengembangkan perangkat lunak yang bisa memanfaatkan kekuatan komputasi, data besar, dan mesin.

The Cortana Intelligence Suite membuat kemampuan untuk membiarkan aplikasi melihat, mendengar, berbicara, memahami dan menafsirkan kebutuhan masyarakat.

Microsoft mengatakan bahwa proyek penelitian AI sedang berlangsung untuk menunjukkan bagaimana kemampuan mereka bisa didayagunakan menjadi aplikasi untuk membantu orang-orang yang tunanetra, mempelajari dengan lebih baik apa yang ada di sekitar mereka, dengan cara memindai adegan melalui kamera smartphone atau kacamata khusus. [rf]

No comments

Powered by Blogger.