Curah Hujan Tinggi “Kualitas Padi Jauh dari Harapan”


Lampung Selatan - seringnya turun hujan disertai angin, sejumlah petani di Kecamatan Natar terancam mendapatkan hasil panen yang kurang baik. Pasalnya banyak padi yang telah berisi mengalami roboh tentunya akan berdampak pada kualitas padi yang dihasilkan.

Menurut Supriyanto, petani di Desa Sidosari hampir 80% padinya ambruk/rebah. Kondisi tersebut membuat kondisi padi yang telah siap panen menjadi rusak. “Selain itu proses memanen pun menjadi lama”, paparnya. (25/04/2016)

Hi. Syahroni, menjelaskan bahwa Harga padi basah saat ini berkisar Rp.3.300 Per kilogram. Hal ini terjadi sekitar 2 pekan ini. “Karena musim hujan maka kualitas padi jelek, hitam dan sudah tumbuh kecambah”, tuturnya.

Dengan kondisi cuaca seperti ini memang kita tidak dapat berbuat banyak untuk mengeringkan dan menciptakan kualitas padi bagus. “Mau diapakan lagi, namanya cuaca pas hujan”. Sehingga kita harus bersabar untuk mengeringkan padi disaat tidak hujan, karena petani saat ini belum memiliki alat tekhnologi untuk mengeringkan padi, kata Hi.Syahroni. [Al/Jabung Online]

No comments

Powered by Blogger.