Cecef Kakah Junaidi Juara 1 Lomba Baca Kitab Kuning Se-Lampung

Wakil Gubernur Lampung Bachiar Basri menyerahkan piala pada pemenang Lomba Baca Kitab Kuning di Kantor DPW PKS Lampung, Sabtu, 16/04/2016. | Ist.

Bandar Lampung – Lomba membaca Kitab Kuning/Kitab “Fathul Mu’in” adalah salah satu cara menghargai karya dan intelektual Islam pada masa silam. Demikian disampaikan oleh Wakil Gubernur Lampung Bachiar Basri dalam acara Lomba Baca Kitab Kuning di Kantor DPW PKS Lampung, Sabtu, 16/04/2016.

Menurutnya seorang muslim memang sudah sepatutnya mempelajari dan mendalami ilmu-ilmu Islam yang termaktub dalam kitab kuning. Hal ini dikarenakan yang menyusun Kitab Kuning bukan hanya ilmuwan dan intelektual dari satu negara saja, tapi dari mancanegara.

“Membaca kitab kuning juga sebagai bentuk penghargaan yang dimaksudkan agar umat mampu menghargai karya dan sumbangsih intelektual Islam pada masa silam. Baik yang ditulis oleh ulama nusantara ataupun negara lain”, jelasnya.

Dia menjelaskan, lomba ini dilakukan untuk mendorong dan meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap ilmu agama, sehingga lomba ini dibatasi untuk usia 15-25 tahun.

Sementara Ketua DPD PKS Bandar Lampung Aep Saripudin menjelaskan bahwa lomba ini merupakan yang pertama dilaksanakan dan diharapkan menjadi kegiatan tahunan. Lebih lanjut dijelaskan bahwa lomba ini merupakan tahap seleksi Tingkat Provinsi sebelum mengikuti Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh DPP PKS pada 24 April mendatang di Jakarta.

“Dewan Juri dalam tahap seleksi tingkat Provinsi ini adalah Rektor IAIN Raden Intan Lampung,  Mohammad Mukri dan Alumni  Ponpes Krapyak Yogyakarta Ahmad Mufti Salim yang juga Ketua DPW PKS Lampung”, jelasnya.

Adapun santri yang berhasil memenangkan perlombaan adalah  Juara 1 diraih oleh Cecef Kakah Junaidi dari Ponpes Madarijul Ulum, Juara 2 diraih oleh Syarif dari DPC Lampung Utara dan Juara 3 diaraih oleh M. Hadi dari Ponpes Raudatun Nuroniah.

“Pemenang Juara 1 akan segera mengikuti lomba Baca Kotab kuning Tingkat Nasional pada 24 April mendatang”, tambahnya.(*)

No comments

Powered by Blogger.