Anggaran Penerangan Jalan Umum Akan Ditambah

Bandar Lampung, - Ketua Badan Anggaran DPRD Kota Bandar Lampung, Wiyadi mengatakan dalam APBD Perubahan 2016 akan mendorong penambahan anggaran penerangan jalan umum di Jalan Soekarno-Hatta, agar seluruh lampu di jalan tersebut seluruhnya menyala.

"Kami lihat kebutuhannya jika memang lampu di jalan negara tersebut dirasa penting, kami akan dorong anggaran tambahan untuk anggaran perbaikan dan daya listriknya," kata dia.

Memang kebutuhan PJU di jalan tersebut diungkapkannya, sangat penting dan dirasakan langsung oleh masyarakat, maka dalam APBD Perubahan 2016 pihaknya akan memasukan anggaran lebih dalam melengkapi fasilitas lampu jalan tersebut.

Dia mengatakan, kebutuhan akan lampu jalan terutama seperti Jalan Soekarno-Hatta memang butuh penerangan yang maksimal.

"Saat ini kondisi jalan sudah mulai berlubang ditambah dengan penerangan lampu yang minim, hal ini pun akan menyulitkan dan membahaya kendaraan yang melintas," kata Ketua DPRD Kota Bandar Lampung ini.

Kepala Bidang (Kabid) Penerangan Jalan Umum(PJU) dan Pertamanan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (Disbertam) Kota Bandar Lampung, Basuni Asyar mengatakan, memang saat ini penerangan lampu di Jalan Soekarno-Hatta sudah diserahkan ke pemkot, namun anggaran yang dimilki kurang dalam menampung daya listrik keseluruhan PJU tersebut.

"Anggaran untuk tagihan per bulan untuk lampu jalan bypass saat ini tidak mencukupi," kata dia.

Ia menjelaskan, saat ini daya lampu terdapat 18 panel dengan satu panel berkekuatan 7700 volt, dengan ukuran ini seharusnya tidak mampu untuk menerangkan semua JPU sebab satu ukuran panel diharuskan mencapai 16.500 volt.

"Oleh karenanya kami menyiasati dengan penerangan lampu sebagian, ada yang hidup dan mati," kata dia.

Untuk anggaran perbaikan dan biaya per bulan untuk lampu tersebut, pihaknya tidak bisa menerangkan secara pasti.

"Untuk pembayaran tergantung pemakaian, saya tidak bisa sampaikan untuk tagihan ke PLN," kata dia.
Namun, telah dipastikan anggaran untuk jalan tersebut akan ditambah di APBD P, sehingga lampu akan menyala semua.

No comments

Powered by Blogger.