Turki-Belgia Sepakat Tingkatkan Kerjasama Lawan Terorisme

BEBERAPA menteri Turki dan Belgia Rabu lalu berkomitmen untuk menjalin kerja sama yang lebih akti dalam melawan aksi terorisme. Hal itu disampaikan mereka dalam sebuah pernyataan pers bersama, laporAnadolu Agency.

Para menteri Turki dan Belgia urusan luar negedi, keadilan, dalam negeri, suaka dan migrasi bertemu hari Rabu lalu di ibukota Turki Ankara untuk membahas perang melawan terorisme, kerjasama yudisial, serta hal-hal konsuler dan manajemen migrasi.

Ini adalah pertemuan ketiga antara Turki dan Belgia pada tingkat menteri, setelah sebelumnya pertemuan diadakan di Istanbul pada tahun 2008 dan Brussels pada tahun 2013.

Para menteri menegaskan tekad pemerintah masing-masing untuk melawan terorisme dan untuk lebih mengembangkan kerjasama dalam melawan terorisme dalam segala bentuk dan manifestasinya.

Pernyataan itu juga mengatakan bahwa menteri menganggap migrasi dan krisis pengungsi di wilayah tersebut sebagai tantangan yang berkembang seiring dengan konflik berlanjut di Suriah.

Berbicara pada konferensi pers bersama setelah pertemuan itu, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan, “Kami (Turki) telah memenuhi semua harapan Belgia pada masalah pejuang teroris asing.”

Cavusoglu mengatakan Turki bekerja sama dengan Belgia dalam intelijen, berbagi informasi, dan mengambil langkah-langkah konkret.

“Kami ingin melihat kerjasama yang sama dalam isu-isu organisasi teror lainnya, seperti PKK dan DHKP-C,” tegas Cavusoglu.[fq]

No comments

Powered by Blogger.