Rupiah ditutup melemah, pada level 13.700 per Dolar USD


Laju pergerakan nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika (USD) ditutup melemah 230 poin atau 1,72 persen, nyaris Rp 13.700 per USD. Rupiah ditutup di level Rp 13.638 per USD, atau melemah dibanding penutupan kemarin di Rp 13.408 per USD.

Bloomberg index mencatat, pergerakan Rupiah sepanjang perdagangan hari ini cenderung melemah. Rupiah dibuka di Rp 13.538 dan sempat menyentuh titik terlemahnya di Rp 13.666 per USD.

Analis PT Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta mengatakan, pelemahan dolar AS mulai tertahan terhadap mayoritas kurs Asia walaupun secara umum ekspektasi kenaikan suku bunga The Fed pudar.

“Penurunan harga minyak yang cukup signifikan dan biasanya diikuti penurunan harga komoditas lainnya, mendorong kurs negara berkembang untuk melemah terhadap dolar AS,” ujar Rangga dalam riset harian, Jakarta, Selasa (12/10).

Rangga melihat ruang penguatan rupiah dalam jangka pendek mulai terbatas dan harga komoditas yang turun menambah alasan laju rupiah bergerak ke zona merah. “Fokus perlahan mulai beralih ke data neraca perdagangan dan BI Rate yang datang Kamis besok.”



No comments

Powered by Blogger.