Presiden PKS: Ketimbang Ganti Menteri, Lebih Baik Benahi Leadership Presiden


Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman menyarankan agar Presiden Joko Widodo dapat membenahi cara kepemimpinannya dalam menjalankan pemerintahan. Menurut dia, hal itu lebih baik ketimbang melakukan pergantian anggota kabinet.

"Saya melihat Jokowi ke depan harus menunjukkan leadership yang lebih kuat. Kabinet walaupun isinya orang baik, tetapi dirigennya tidak bisa mengarahkan, saya kira tidak akan optimal," ujar Sohibul saat ditemui di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Jumat (23/10/2015), dilansir Kompas.com.

Menurut Sohibul, permasalahan yang dihadapi pemerintah saat ini kemungkinan karena belum ada koordinasi yang baik di antara para anggota kabinet. Sebagai contoh, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution belum menunjukkan hasil yang memuaskan dalam beberapa waktu terakhir.

"Saya tahu reputasi Pak Darmin ketika saya menjabat sebagai pimpinan komisi di DPR. Beliau Gubernur BI yang sangat luar biasa. Tapi, di dalam kabinet sekarang, saya tidak melihat ketajamannya. Ini pasti ada persoalan koordinasi di kabinet," kata Sohibul.

Untuk itu, ia menyarankan agar Jokowi segera melakukan fungsi koordinasi dengan lebih baik. Tanpa kepemimpinan yang baik, kinerja kementerian dinilai tidak akan berjalan efektif bagi kondisi saat ini.

No comments

Powered by Blogger.