Sumber Minyak Bumi Baru ditemukan di Lampung

pekerja tambang minyak. shutterstock
Dua sumber minyak bumi baru ditemukan di Provinsi Lampung, tepatnya di Lampung Timur. Pemerintah daerah setempat bakal melakukan survei untuk mengetahui potensi kandungan minyak tersebut.

"Ada dua desa yang memiliki potensi sumber minyak bumi baru di Lampung Timur yang berada di Kecamatan Raman Utara," kata Kepala Seksi Pengembangan Energi dan Energi Terbarukan pada Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Lampung Timur, Nurada seperti dilansir Antara, Jumat (25/9).

Namun demikian, Nurada belum bisa merincikan dua desa yang memiliki kandungan minyak bumi tersebut. "Tapi kedua desa itu terdapat di Kecamatan Raman Utara yang diketahui memiliki sumber minyak bumi itu," tegasnya.

Selama ini, wilayah laut di Kabupaten Lampung Timur, pada kelompok Pulau Segamat dan pulau lainnya terdapat eksploitasi minyak bumi yang dilakukan kontraktor asing, yaitu China National Oil Ofshore Company SES (CNOOC SES). Kabupaten Lampung Timur telah ditetapkan sebagai Kabupaten Penghasil Minyak Bumi dengan SK Menteri ESDM No:357.K/80/MEM/2001 tanggal 9 April 2001.

Selanjutnya, bagi hasil minyak bumi tersebut juga dibagi untuk kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Lampung.

Selain itu, sepanjang Jalan Lintas Pantai Timur Sumatera di kabupaten ini terdapat potensi bahan galian (pasir kwarsa dan pasir beton) yang tersebar di Kecamatan Labuhan Maringgai, Pasir Sakti di Jabung. Serta batu basalt dan andesit untuk bahan material konstruksi yang penyebarannya di Kecamatan Labuhan Maringgai, Gunung Pelindung, Melinting, Sukadana, Way Jepara, Marga Tiga (terdapat bijih besi), Sekampung Udik (terdapat bijih besi), Sekampung, dan Kecamatan Batanghari Nuban.

No comments

Powered by Blogger.